:::: MENU ::::

Kamis, 21 Februari 2019

Belajar Batik di Trupark Museum Cirebon

Cirebon telah lama tersohor sebagai kota barang dan jasa. Kota ini juga memiliki deretan destinasi wisata yang memikat banyak wisatawan. Selain itu, Cirebon juga memiliki sentra batik yang ternama.

Satu di antaranya adalah Trusmi, Trusmi merupakan sebuah toko batik terbesar di Indonesia tersebut bernama BT Batik Trusmi yang juga menjadi tempat oleh-oleh paling lengkap di wilayah Cirebon.

Tak hanya menjual batik, BT Batik Trusmi kini merambah bidang wisata dengan membuka  Trupark Museum yang berasal dari singkatan Trusmi Park. Sebagai museum batik kontemporer pertama di Indonesia, museum ini tak mengedukasi pengunjung mengenai seluk beluk batik lewat penampilan yang Instagramable.

Trupark Museum juga memiliki sejumlah instalasi yang menarik, mulai dari susunan balok-balok yang terbungkus ragam ukuran sebagai gambaran miniatur kota Cirebon yang menjadi kota batik.

Ada pula ratusan topeng-topeng khas Cirebon yang dideret sedemikian rupa. Di dalam museum hadir juga cap batik raksasa, yakni cap batik terbesar yang pernah diciptakan di Indonesia.

Trupark Museum memiliki dua lantai dan instalasi tadi ada di lantai satu. Sementara di lantai dua, ada satu instalasi paling memukau, sebuah terobosan sekaligus wahana video mapping pertama di Cirebon. Saat video diputar, sejauh mata memandang adalah kain-kain batik yang mengitari dan berubah corak.

Ruang tersebut menjadi salah satu andalan Trupark Museum karena tujuan museum ini untuk menghibur sekaligus mengedukasi. Proses dari awal hingga akhir dapat dilihat dan pengunjung dapat mencoba sendiri didampingi pengrajin batik di tempat khusus membatik.

Trupark Museum kini menjadi destinasi viral di Cirebon. Museum ini buka mulai pukul 10.00-18.00 WIB pada Senin-Jumat, sedangkan Sabtu-Minggu buka pukul 10.00-20.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar

A call-to-action text Contact us